MAKALAH
KEPERAWATAN ANAK KUISIONER MASALAH MENTAL EMOSIONAL ( MME )
DISUSUN OLEH :
1.
Andriandy
Norita S.
2.
David
Arizona
3.
Febryansah
Mahendra P.
4.
Kinanthiningsih
5.
Maksimilianus
Jayagoni
6.
Nur
Rahmat Romadon
7.
Rika
Elismawati
8.
Sri
Sulistyowati
9.
Yossy
Novitasari
PRODI
SI KEPERAWATAN
SEKOLAH
TINGGI ILMU KESEHATAN
BAKTI
HUSADA MULIA MADIUN
TAHUN
AJARAN 2012/2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan atas
Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya dan juga
sholawat serta salam atas junjungan nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW
sehingga kami dari kelompok empat dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini
berjudul ’’ KEPERAWATAN ANAK KUISIONER MASALAH MENTAL EMOSIONAL (MME) ’’ sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh
dosen. Alhamdullilah atas usaha keras kami makalah ini dapat terselesaikan
tepat pada waktunya. Makalah ini berisi tentang penjelasan mengenai pengertian
bioakustik khususnya di dunia keperawatan.
Selesainya makalah ini tidak terlepas
dari usaha dan kerja keras dari kelompok empat. Dengan kerjasama yang baik
akhirnya makalah ini selesai sesuai yang diharapkan. Juga pihak yang terkait lainnya
yaitu dosen pembimbing yang memberi arahan pada kami agar dapat
terselesaikannya makalah ini dengan baik dan benar. Semoga makalah yang
sederhana ini dapat berguna untuk kami serta memberi pengetahuan luas bagi yang
membaca. Sebagai manusia kami mungkin
mempunyai banyak kekurangan termasuk dalam membuat makalah ini. Kritik dan
salam kami tunggu untuk lebih sempurnanya makalah ini. Atas perhatian kami
ucapkan terima kasih
Penulis
Kelompok
IV
DAFTAR ISI
Kata
pengantar ........................................................................................................... 2
Daftar
isi
.................................................................................................................... 3
Bab
I
Latar belakang
........................................................................................................ 4
Rumusan masalah
................................................................................................... 4
Tujuan ..................................................................................................................... 4
Bab
II
Pengertian masalah mental emosional .................................................................... 6
Gangguan perkembangan mental dan emosional .................................................... 6
Deteksi dini gangguan perkembangan mental
emosional ..................................... 6
Deteksi dini masalah mental emosional pada
anak prasekolah..............................
6
Kuisioner
................................................................................................................. 7
Hasil kuisioner .......................................................................................................... 9
Bab
III
Kesimpulan
.............................................................................................................. 10
Saran ....................................................................................................................... 10
Daftar
Pustaka
............................................................................................................ 11
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Mental emosional
adalah sesuatu yang berhubungan dengan proses tumbuh kembang. Adanya gangguan
mental emosional akan mengakibatkan gangguan perkembangan anak dan akan
mempengaruhi dalam pernyesuaiam diri terhadap lingkungan sekitar. Dasar
perkembangan merupakan fondasi bagi setiap individu untuk memahami ruan lingkup
gerak.
Pada prinsipnya perkembangan motorik yang baik
yakni jika seseorang mampu untuk mengalami perubahan baik pisik maupun psikis
sesuai dengan masa pertumbuhannya dan perkembangannya. kematangan motorik ini
sangat terantung pada integrasi system saraf dan system kerangka otot. Anak
yang mampu mencapai perkembangan motorik yang terkoordinasi sangat ditentukan
oleh keadaan dan kemauan anak itu sendiri.
B.
Rumusan Masalah
1. Mengetahui pengertian MME ?
2. Mengetahui pengertian, tanda dan
gejala serta penanganan MME ?
3.
Mengetahui
cara deteksi dini masalah mental emosional pada anak ?
C.
Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini
adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang pengertian MME,
bagaimana cara menggunakan MME pada anak, dan mengetahui perkrmbangan anak
melalui MME, dengan begitu apabiula anak penyimpang atau tidak sesuai dengan
pedoman MME maka bisa langsung segera ditanganai.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Masalah
Mental Emosional
1.
Mental
Mental
adalah hasil kerja otak (iskandar,2009)
2.
Emosional
Emosi adalah
keadaan tersentuhnya perasaan, disebut pula sebagai perasaan hati atau renjana,
sedang kehidupan emosional adalah segenap penghayatan yang berkaitan dengan
perasaan hati.
B.
Gangguan perkembangan Mental dan
Emosional
Gangguan perkembangan mental dan emosional Yaitu
penyimpangan perkembangan jukkan tanda-tanda keterlambatan anak dimama perkembangannya
nampak tidak lengkap atau tidak konsisten dengan pola dan tahapan umum.
C.
Deteksi dini Penyimpangan
perkembangan Mental Emosional
Deteksi dini penyimpangan mental emosional
adalah kegiatan atau pemeriksaan untuk menemukan secara dini adanya masalah
mental emosional pada
anak, agar dapat segera dilakukan tindakan intervensi.
Ø Deteksi dini masalah mental emosional padaanak prasekolah
a.
Bertujuan untuk mendeteksi secara
dini adanya penyimpangan atau masalah mental
emosional pada anak prasekolah
b. Jadwal deteksi dini masalah mental emosional adalah rutin setiap 6 bulan
pada anak umur 36-72 bulan. Jadwal ini sesuai dengan jadwal skrining atau
pemeriksaan perkembangan anak.
c. Alat yang digunakan adalah KMME yang terdiri dari 12 pertanyaan untuk
mengenali problem mental emosional anak umur 36-72 bulan.
d. Cara melakukan ; Tanyakan setiap pertanyaan dengan lambat, jelas dan
nyaring satu persatu perilaku yang tertulis pada KMME Kepada orang tua atau
pengasuh anak.
Catat jawaban “Ya”,Kemudian hitung jumlah jawaban “YA”
Catat jawaban “Ya”,Kemudian hitung jumlah jawaban “YA”
e. Interpretasi
Bilaadajawaban “YA”,Maka kemungkinanan akan mengalami masalah mental emosional
Bilaadajawaban “YA”,Maka kemungkinanan akan mengalami masalah mental emosional
f. Intervensi
Bilajawaban “ya” hanya1 :
Bilajawaban “ya” hanya1 :
v Lakukan konseling kepada orang tua menggunakan Buku Pedoman Pola Asuh yang
mendukung Perkembangan Anak
v Lakukan evaluasi setelah 3 bulan, bila tidak ada perubahan rujuk ke Rumah
Sakit yang memiliki fasilitas kesehatan jiwa atau tumbuh kembang anak.
Bilajawaban “ya” ditemukan 2 ataulebih :
Rujuk kerumah sakit yang memiliki fasilitas kesehatan jiwa atau tumbuh
kembang anak. Rujukan harus disertai informasi mengenai jumlah dan
masalah mental emosional yang ditemukan.
Studi
Kasus
Studi kasus
kami lakukan pada anak usia dengan
nama di
Hasil
kuisioner :
KUESIONER MASALAH MENTAL EMOSIONAL (KMME)
|
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Apakah anak anda sering
terlihat marah tanpa sebab yang jelas?
(seperti banyak menangis,
mudah tersinggung atau bereaksi berlebihan terhadap hal-hal yang sudah biasa
dihadapinya)
|
tidak
|
|
|
2.
|
Apakah anak anda
tampak menghindar dari teman-teman atau anggota keluarganya?
(seperti ingin merasa
sendirian, menyendiri atau merasa sedih sepanjang waktu, kehilangan minat
terhadap hal-hal yang biasa sangat dinikmati)
|
tidak
|
|
|
3.
|
Apakah anak anda terlihat berperilaku
merusak dan menentangterhadap lingkungan disekitarnya?
(sepeti melanggar peraturan
yang ada, mencuri, sering kali melakukan perbuatan yang berbahaya bagi
darinya, atau menyiksa binatang atau anak-anak lainnya)
Dan tampak tidak perdulli
dengan nasehat-nasehat yang sudah diberikan kepadanya?
|
tidak
|
|
|
4.
|
Apakah anak anda
memperlihatkan adanya perasaan ketakutan atau kecemasan
berlebihan yang tidak dapat dijelaskan asalnya dan tidak sebanding
dengan anak lain seusianya?
|
tidak
|
|
|
5.
|
Apakah anak anda mengalami keterbatasan oleh karena
adanyakonsentrasi yang buruk atau mudah teralih perhatiannya,
sehingga mengalami penurunan dalam aktivitas sehari-hari atau persentasi
belajarnya?
|
tidak
|
|
|
6.
|
Apakah anak anda
menunjukkan perilaku kebingungan sehingga mengalami
kesulitan dalam berkomunikasi dan membuat keputusan?
|
tidak
|
|
|
7.
|
Apakah anak anda menenjukkan
adanya perubahan pola tidur?
(seperti sulit tidur
sepanjang waktu, terjaga sepanjang hari, sering terbangun di waktu tidur
malam oleh karena mimpi buruk, mengigau)
|
tidak
|
|
|
8.
|
Apakah anak anda
mengalami perubahan pola makan?
(sepeti kehilangan nafsu
makan, makan berlebihan atau tidak mau makan sama sekali).
|
ya
|
|
|
9.
|
Apakah anak anda sering
kali mengeluh sakit kepala, sakit perut atau keluhan-keluhan fisik lainnya?
|
tidak
|
|
|
10.
|
Apakah anak anda
seringkali mengeluh putus asa atau berkeinginan untuk
mengakhiri hidupnya?
|
tidak
|
|
|
11.
|
Apakah anak anda menunjukkan
adanya kemunduran perilaku atau kemampuan yang sudah
dimilikinya?
(seperti mengompol kembali, mengisap
jempol, atau tidak mau berpisah dengan orang tua/pengasuhnya)
|
tidak
|
|
|
12.
|
Apakah anak anda
melakukan perbuatan yang berulang-ulang tanpa alasan yang
jelas?
|
tidak
|
Hasil
Dari data yang kami peroleh diatas menunjukan bahwa
anak yang bernama ....... hanya terdapat perilaku yang jawaban ‘’ YA “ maka
anak ini hanya perlu dilakukan pola asus yang sesuai dengan pedoman pola asuh
perkembangan anak.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan materi yang telah
dipaparkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa :
1.
Gangguan
perkembangan mental dan emosional Yaitu penyimpangan perkembangan yang
menunjukkan tanda-tanda keterlambatan anak dimama perkembangannya nampak tidak
lengkap atau tidak konsisten dengan pola dan tahapan umum.
2.
Deteksi dini
penyimpangan mental emosional dapat dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang
disebut dengan KMME berupa 12 pertanyaan yang diajukan kepada orang tua anak.
B.
Saran
Didalam ilmu dunia kesehatan anak/ pediatrik memang
menjadi masalah yang perlu diperhatikan oleh orang tua, karena untuk mengetahui
pertumbuhan dan perkembangan si anak. Dengan adanya MME orang tua dapat
memaksimalakan dalam mengasuh anak.
Kepada dosen pembimbing agar sekiranya dapat
memberikan masukan dan saran tentang penulisan makalah ini baik mengenai
sistematika penulisan maupun menyangkut isi atau pokok bahasan dalam makalah
ini. Dan Kepada rekan-rekan agar sekiranya dapat memberikan kritik dan saran
yang bersifat membangun.
DAFTAR
PUSTAKA
Ø http://google.com
KUESIONER
MASALAH MENTAL EMOSIONAL (KMME)
|
No
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
|
Apakah anak anda sering
terlihat marah tanpa sebab yang jelas?
(seperti banyak menangis,
mudah tersinggung atau bereaksi berlebihan terhadap hal-hal yang sudah biasa dihadapinya)
|
||
|
2.
|
Apakah anak anda
tampak menghindar dari teman-teman atau anggota keluarganya?
(seperti ingin merasa
sendirian, menyendiri atau merasa sedih sepanjang waktu, kehilangan minat
terhadap hal-hal yang biasa sangat dinikmati)
|
||
|
3.
|
Apakah anak anda
terlihat berperilaku merusak dan menentangterhadap lingkungan
disekitarnya?
(sepeti melanggar peraturan
yang ada, mencuri, sering kali melakukan perbuatan yang berbahaya bagi
darinya, atau menyiksa binatang atau anak-anak lainnya)
Dan tampak tidak perdulli
dengan nasehat-nasehat yang sudah diberikan kepadanya?
|
||
|
4.
|
Apakah anak anda
memperlihatkan adanya perasaan ketakutan atau kecemasan
berlebihan yang tidak dapat dijelaskan asalnya dan tidak sebanding
dengan anak lain seusianya?
|
||
|
5.
|
Apakah anak anda mengalami keterbatasan oleh karena
adanyakonsentrasi yang buruk atau mudah teralih perhatiannya,
sehingga mengalami penurunan dalam aktivitas sehari-hari atau persentasi
belajarnya?
|
||
|
6.
|
Apakah anak anda
menunjukkan perilaku kebingungan sehingga mengalami
kesulitan dalam berkomunikasi dan membuat keputusan?
|
||
|
7.
|
Apakah anak anda menenjukkan
adanya perubahan pola tidur?
(seperti sulit tidur
sepanjang waktu, terjaga sepanjang hari, sering terbangun di waktu tidur
malam oleh karena mimpi buruk, mengigau)
|
||
|
8.
|
Apakah anak anda
mengalami perubahan pola makan?
(sepeti kehilangan nafsu
makan, makan berlebihan atau tidak mau makan sama sekali).
|
||
|
9.
|
Apakah anak anda sering
kali mengeluh sakit kepala, sakit perut atau keluhan-keluhan
fisik lainnya?
|
||
|
10.
|
Apakah anak anda
seringkali mengeluh putus asa atau berkeinginan untuk
mengakhiri hidupnya?
|
||
|
11.
|
Apakah anak anda menunjukkan
adanya kemunduran perilaku atau kemampuan yang sudah
dimilikinya?
(seperti mengompol kembali,
mengisap jempol, atau tidak mau berpisah dengan orang tua/pengasuhnya)
|
||
|
12.
|
Apakah anak anda
melakukan perbuatan yang berulang-ulang tanpa alasan yang
jelas?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar