Kamis, 14 Mei 2015

MAKALAH KEPERAWATAN ANAK KUISIONER MASALAH MENTAL EMOSIONAL ( MME )



MAKALAH KEPERAWATAN ANAK KUISIONER MASALAH MENTAL EMOSIONAL ( MME )
DISUSUN OLEH :
1.      Andriandy Norita S.
2.      David Arizona
3.      Febryansah Mahendra P.
4.      Kinanthiningsih
5.      Maksimilianus Jayagoni
6.      Nur Rahmat Romadon
7.      Rika Elismawati
8.      Sri Sulistyowati
9.      Yossy Novitasari


PRODI SI KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
BAKTI HUSADA MULIA MADIUN
TAHUN AJARAN 2012/2013
KATA PENGANTAR
 


Puji syukur kami panjatkan atas Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya dan juga sholawat serta salam atas junjungan nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW sehingga kami dari kelompok empat dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini berjudul ’’ KEPERAWATAN ANAK KUISIONER MASALAH MENTAL EMOSIONAL (MME)  ’’ sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dosen. Alhamdullilah atas usaha keras kami makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini berisi tentang penjelasan mengenai pengertian bioakustik khususnya di dunia keperawatan.
Selesainya makalah ini tidak terlepas dari usaha dan kerja keras dari kelompok empat. Dengan kerjasama yang baik akhirnya makalah ini selesai sesuai yang diharapkan. Juga pihak yang terkait lainnya yaitu dosen pembimbing yang memberi arahan pada kami agar dapat terselesaikannya makalah ini dengan baik dan benar. Semoga makalah yang sederhana ini dapat berguna untuk kami serta memberi pengetahuan luas bagi yang membaca.  Sebagai manusia kami mungkin mempunyai banyak kekurangan termasuk dalam membuat makalah ini. Kritik dan salam kami tunggu untuk lebih sempurnanya makalah ini. Atas perhatian kami ucapkan terima kasih

Penulis

Kelompok IV

DAFTAR ISI


Kata pengantar ...........................................................................................................   2
Daftar isi ....................................................................................................................   3
Bab I
   Latar belakang ........................................................................................................   4
   Rumusan masalah ...................................................................................................   4
   Tujuan .....................................................................................................................   4
Bab II
   Pengertian masalah mental emosional ....................................................................   6
   Gangguan perkembangan mental dan emosional ....................................................   6
    Deteksi dini gangguan perkembangan mental emosional .....................................    6
    Deteksi dini masalah mental emosional pada anak prasekolah..............................    6
    Kuisioner .................................................................................................................   7
   Hasil kuisioner ..........................................................................................................   9
  
Bab III
   Kesimpulan ..............................................................................................................   10
   Saran .......................................................................................................................    10
Daftar Pustaka ............................................................................................................   11






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Mental emosional adalah sesuatu yang berhubungan dengan proses tumbuh kembang. Adanya gangguan mental emosional akan mengakibatkan gangguan perkembangan anak dan akan mempengaruhi dalam pernyesuaiam diri terhadap lingkungan sekitar. Dasar perkembangan merupakan fondasi bagi setiap individu untuk memahami ruan lingkup gerak.
Pada prinsipnya perkembangan motorik yang baik yakni jika seseorang mampu untuk mengalami perubahan baik pisik maupun psikis sesuai dengan masa pertumbuhannya dan perkembangannya. kematangan motorik ini sangat terantung pada integrasi system saraf dan system kerangka otot. Anak yang mampu mencapai perkembangan motorik yang terkoordinasi sangat ditentukan oleh keadaan dan kemauan anak itu sendiri.

B.     Rumusan Masalah
1.      Mengetahui pengertian MME ?
2.      Mengetahui pengertian, tanda dan gejala serta penanganan MME ?
3.      Mengetahui cara deteksi dini masalah mental emosional pada anak ?



C.      Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang pengertian MME, bagaimana cara menggunakan MME pada anak, dan mengetahui perkrmbangan anak melalui MME, dengan begitu apabiula anak penyimpang atau tidak sesuai dengan pedoman MME maka bisa langsung segera ditanganai.














BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Masalah Mental Emosional
1.      Mental
Mental adalah hasil kerja otak (iskandar,2009)
2.      Emosional
Emosi adalah keadaan tersentuhnya perasaan, disebut pula sebagai perasaan hati atau renjana, sedang kehidupan emosional adalah segenap penghayatan yang berkaitan dengan perasaan hati.
B.     Gangguan perkembangan Mental dan Emosional
Gangguan perkembangan mental dan emosional Yaitu penyimpangan perkembangan jukkan tanda-tanda keterlambatan anak dimama perkembangannya nampak tidak lengkap atau tidak konsisten dengan pola dan tahapan umum.

C.    Deteksi dini Penyimpangan perkembangan Mental Emosional
Deteksi dini penyimpangan mental emosional adalah kegiatan atau pemeriksaan untuk menemukan secara dini adanya masalah mental emosional pada anak, agar dapat segera dilakukan tindakan intervensi.

Ø  Deteksi dini masalah mental emosional padaanak prasekolah
a.       Bertujuan  untuk mendeteksi secara dini adanya penyimpangan atau masalah      mental emosional pada anak prasekolah
b.      Jadwal deteksi dini masalah mental emosional adalah rutin setiap 6 bulan pada anak umur 36-72 bulan. Jadwal ini sesuai dengan jadwal skrining atau pemeriksaan perkembangan anak.
c.       Alat yang digunakan adalah KMME yang terdiri dari 12 pertanyaan untuk mengenali problem mental emosional anak umur 36-72 bulan.
d.      Cara melakukan ; Tanyakan setiap pertanyaan dengan lambat, jelas dan nyaring satu persatu perilaku yang tertulis pada KMME Kepada orang tua atau pengasuh anak.
Catat jawaban “Ya”,Kemudian hitung jumlah jawaban “YA”
e.       Interpretasi
Bilaadajawaban “YA”,Maka kemungkinanan akan mengalami masalah mental emosional
f.       Intervensi
Bilajawaban “ya” hanya1 :
v  Lakukan konseling kepada orang tua menggunakan Buku Pedoman Pola Asuh yang mendukung Perkembangan Anak
v  Lakukan evaluasi setelah 3 bulan, bila tidak ada perubahan rujuk ke Rumah Sakit yang memiliki fasilitas kesehatan jiwa atau tumbuh kembang anak.
Bilajawaban “ya” ditemukan 2 ataulebih :
Rujuk kerumah sakit yang memiliki fasilitas kesehatan jiwa atau tumbuh kembang anak.  Rujukan harus disertai informasi mengenai jumlah dan masalah mental emosional yang ditemukan.

            Studi Kasus
                        Studi kasus kami lakukan pada anak usia                   dengan nama               di

            Hasil kuisioner :
            KUESIONER MASALAH MENTAL EMOSIONAL (KMME)



Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Apakah anak anda sering terlihat marah tanpa sebab yang jelas?
(seperti banyak menangis, mudah tersinggung atau bereaksi berlebihan terhadap hal-hal yang sudah biasa dihadapinya)

tidak
2.
Apakah anak anda tampak menghindar dari teman-teman atau anggota keluarganya?
(seperti ingin merasa sendirian, menyendiri atau merasa sedih sepanjang waktu, kehilangan minat terhadap hal-hal yang biasa sangat dinikmati)

tidak
3.
Apakah anak anda terlihat berperilaku merusak dan menentangterhadap lingkungan disekitarnya?
(sepeti melanggar peraturan yang ada, mencuri, sering kali melakukan perbuatan yang berbahaya bagi darinya, atau menyiksa binatang atau anak-anak lainnya)
Dan tampak tidak perdulli dengan nasehat-nasehat yang sudah diberikan kepadanya?

tidak
4.
Apakah anak anda memperlihatkan adanya perasaan ketakutan atau kecemasan berlebihan yang tidak dapat dijelaskan asalnya dan tidak sebanding dengan anak lain seusianya?

tidak
5.
Apakah anak anda mengalami keterbatasan oleh karena adanyakonsentrasi yang buruk atau mudah teralih perhatiannya, sehingga mengalami penurunan dalam aktivitas sehari-hari atau persentasi belajarnya?

tidak
6.
Apakah anak anda menunjukkan perilaku kebingungan sehingga mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan membuat keputusan?

tidak
7.
Apakah anak anda menenjukkan adanya perubahan pola tidur?
(seperti sulit tidur sepanjang waktu, terjaga sepanjang hari, sering terbangun di waktu tidur malam oleh karena mimpi buruk, mengigau)

tidak
8.
Apakah anak anda mengalami perubahan pola makan?
(sepeti kehilangan nafsu makan, makan berlebihan atau tidak mau makan sama sekali).
ya

9.
Apakah anak anda sering kali mengeluh sakit kepala, sakit perut atau keluhan-keluhan fisik lainnya?

tidak
10.
Apakah anak anda seringkali mengeluh putus asa atau berkeinginan untuk mengakhiri hidupnya?

tidak
11.
Apakah anak anda menunjukkan adanya kemunduran perilaku atau kemampuan yang sudah dimilikinya?
(seperti mengompol kembali, mengisap jempol, atau tidak mau berpisah dengan orang tua/pengasuhnya)

tidak
12.
Apakah anak anda melakukan perbuatan yang berulang-ulang tanpa alasan yang jelas?

tidak

Hasil
Dari data yang kami peroleh diatas menunjukan bahwa anak yang bernama ....... hanya terdapat perilaku yang jawaban ‘’ YA “ maka anak ini hanya perlu dilakukan pola asus yang sesuai dengan pedoman pola asuh perkembangan anak.













BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan materi yang telah dipaparkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa :

1.      Gangguan perkembangan mental dan emosional Yaitu penyimpangan perkembangan yang menunjukkan tanda-tanda keterlambatan anak dimama perkembangannya nampak tidak lengkap atau tidak konsisten dengan pola dan tahapan umum.
2.      Deteksi dini penyimpangan mental emosional dapat dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebut dengan KMME berupa 12 pertanyaan yang diajukan kepada orang tua anak.

B.      Saran
Didalam ilmu dunia kesehatan anak/ pediatrik memang menjadi masalah yang perlu diperhatikan oleh orang tua, karena untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan si anak. Dengan adanya MME orang tua dapat memaksimalakan dalam mengasuh anak. 
Kepada dosen pembimbing agar sekiranya dapat memberikan masukan dan saran tentang penulisan makalah ini baik mengenai sistematika penulisan maupun menyangkut isi atau pokok bahasan dalam makalah ini. Dan Kepada rekan-rekan agar sekiranya dapat memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun.




DAFTAR PUSTAKA


Ø  http://google.com















KUESIONER MASALAH MENTAL EMOSIONAL (KMME)
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Apakah anak anda sering terlihat marah tanpa sebab yang jelas?
(seperti banyak menangis, mudah tersinggung atau bereaksi berlebihan terhadap hal-hal yang sudah biasa dihadapinya)


2.
Apakah anak anda tampak menghindar dari teman-teman atau anggota keluarganya?
(seperti ingin merasa sendirian, menyendiri atau merasa sedih sepanjang waktu, kehilangan minat terhadap hal-hal yang biasa sangat dinikmati)


3.
Apakah anak anda terlihat berperilaku merusak dan menentangterhadap lingkungan disekitarnya?
(sepeti melanggar peraturan yang ada, mencuri, sering kali melakukan perbuatan yang berbahaya bagi darinya, atau menyiksa binatang atau anak-anak lainnya)
Dan tampak tidak perdulli dengan nasehat-nasehat yang sudah diberikan kepadanya?


4.
Apakah anak anda memperlihatkan adanya perasaan ketakutan atau kecemasan berlebihan yang tidak dapat dijelaskan asalnya dan tidak sebanding dengan anak lain seusianya?


5.
Apakah anak anda mengalami keterbatasan oleh karena adanyakonsentrasi yang buruk atau mudah teralih perhatiannya, sehingga mengalami penurunan dalam aktivitas sehari-hari atau persentasi belajarnya?


6.
Apakah anak anda menunjukkan perilaku kebingungan sehingga mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan membuat keputusan?


7.
Apakah anak anda menenjukkan adanya perubahan pola tidur?
(seperti sulit tidur sepanjang waktu, terjaga sepanjang hari, sering terbangun di waktu tidur malam oleh karena mimpi buruk, mengigau)


8.
Apakah anak anda mengalami perubahan pola makan?
(sepeti kehilangan nafsu makan, makan berlebihan atau tidak mau makan sama sekali).


9.
Apakah anak anda sering kali mengeluh sakit kepala, sakit perut atau keluhan-keluhan fisik lainnya?


10.
Apakah anak anda seringkali mengeluh putus asa atau berkeinginan untuk mengakhiri hidupnya?


11.
Apakah anak anda menunjukkan adanya kemunduran perilaku atau kemampuan yang sudah dimilikinya?
(seperti mengompol kembali, mengisap jempol, atau tidak mau berpisah dengan orang tua/pengasuhnya)


12.
Apakah anak anda melakukan perbuatan yang berulang-ulang tanpa alasan yang jelas?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar